Makanan Sehat Cegah Persalinan Prematur

Kompas.co.id – Ada banyak cara untuk mencegah persalinan prematur, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat. Ya, makanan sehat cegah persalinan prematur.

Kelahiran prematur atau persalinan sebelum kehamilan mencapai usia 38 minggu memiliki banyak risiko kesehatan bagi bayi. Untuk mencegahnya, para ilmuwan menekankan pentingnya ibu hamil mengonsumsi makanan sehat selama kehamilan.

Penelitian di Norwegia membuktikan, para ibu hamil yang rutin mengonsumsi sayuran, buah-buahan, serelia utuh, dan minum cukup air putih, memiliki risiko lebih rendah melahirkan bayi prematur.

Meski demikian, para peneliti menegaskan, tidak ada hubungan sebab akibat antara konsumsi makanan sehat dan kelahiran prematur. “Nutrisi hanya salah satu faktor mencegah persalinan prematur,” kata Christine Metz, seorang peneliti kebidanan di The Feinstein Institute for Medical Research di Manhasset, New York City, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Faktor risiko terbesar persalinan prematur antara lain pola makan yang tidak sehat dan gaya hidup seperti merokok, minum alkohol atau penggunaan narkoba.

Studi baru ini didasarkan pada data dari Norwegian Mother and Child Cohort Study, yang melibatkan 66.000 wanita Norwegia yang melahirkan antara 2002 dan 2008. Para wanita mengisi kuesioner tentang kebiasaan makan mereka selama empat sampai lima bulan pertama kehamilan.

Para peneliti mengklasifikasikan makanan para wanita itu sebagai diet “baik”, diet “tradisional”, dan diet ala western.

Diet “baik” itu terdiri dari sayuran mentah dan dimasak, salad, buah, sereal dari serelia utuh, kacang-kacangan, daging unggas, serta susu rendah lemak.

Sementara diet “tradisional” yang terdiri dari kentang rebus, ikan, saus, margarin, puding beras, susu rendah lemak dan sayuran yang dimasak. Dan yang terakhir, diet ala “western” yakni diet yang mengandung camilan asin, cokelat, permen, kue, kentang goreng, roti, saus tomat, gula manis minuman, produk daging olahan, dan pasta.

Meski tidak mutlak, yang jelas makanan sehat berperan dalam mencegah persalinan prematur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: