6 Cara Mudah Bangun Lebih Pagi

TabloidNova.com – Sering terlambat berangkat ke kantor atau mengantar anak sekolah? Mungkin sudah saatnya Anda mencari alasan lain selain kemacetan jalan raya. Keterlambatan tersebut bisa jadi disebabkan oleh kebiasaan Anda yang selalu bangun kesiangan. Malas beranjak dari ranjang yang empuk, dan selimut yang hangat, membuat sederet rutinitas yang menunggu akhirnya tertunda. Padahal, mudah saja membiasakan diri untuk bangun lebih pagi. Ini beberapa tipsnya:

1. Siapkan Minuman di Dekat Tempat Tidur
Setelah tubuh melakukan proses metabolisme dan berpuasa di malam hari, segelas air mineral adalah minuman yang paling tepat untuk mengawali hari Anda. Mengonsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya mungkin akan membuat Anda bangun dengan cepat, namun kafein bukan pilihan yang sehat.

2. Taruh Alarm di Tempat Strategis
Memasang alarm dengan bunyi yang keras belum tentu bisa membangunkan tidur lelap Anda. Jika Anda meletakkannya di bawah ranjang atau samping bantal, dengan mudah Anda akan mematikannya lalu melanjutkan tidur kembali. Letakkan alarm sedikit jauh dari jangkauan Anda, seperti di dekat pintu kamar, atau di dekat meja rias, sehingga memaksa Anda bangun dan berjalan untuk mematikan alarm tersebut.

3. Hindari Kafein dan Alkohol di Malam hari
Kafein dan alkohol membutuhkan waktu untuk bereaksi sekaligus keluar dari sistem tubuh. Jadi, tidak disarankan untuk mengonsumsi segala macam asupan yang mengandung kafein dan alkohol di malam hari, terutama menjelang waktu tidur.

4. Coba Cium Bau Garam
Mitos menghidupkan kembali manusia setelah ratusan tahun hanya dengan meletakkan garam di dekat hidung dianggap menginspirasi solusi yang satu ini. Menaruh botol minyak esensial seperti aromaterapi beraroma jeruk, atau mentol di samping tempat tidur bisa dijadikan solusi mudah untuk bangun lebih pagi.

5. Latih Diri Sendiri
Bukan memaksakan diri untuk bangun, namun sedikit demi sedikit melatih diri Anda bereaksi langsung dengan beberapa gerakan ringan dapat membangunkan Anda secara perlahan. Lakukan hal ini sekitar 10 kali berturut-turut, dua kali sehari. Tubuh, secara otomotis akan terbiasa bangun tanpa perlu alat bantu lain.

6. Cek kesehatan
Cek kesehatan Anda jika rasa kantuk di pagi hari sulit sekali diatasi. Mungkin, Anda memerlukan program diet dan olahraga yang lebih giat dan intens. Penderita penyakit diabetes sering merasa ngantuk antara pukul 08.00 hingga 10.00 pagi. Untuk hal tersebut Anda bisa berkonsultasi dengan dokter ahli. (Ridho Nugroho/ SavvySugar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: