Ini Dia Satoshi Nakamoto, Pencipta Bitcoin

CHIP.co.id – Teka-teki mengenai orang atau organisasi di balik mata uang virtual Bitcoin mungkin sudah terkuak. Majalah Newsweek edisi pekan ini menerbitkan satu laporan berjudul “The Face Behind Bitcoin” (Anda bisa membacanya di sini, butuh berlangganan), yang isinya berupa profil Satoshi Nakamoto, seorang warga negara Amerika Serikat keturunan Jepang.

Berbeda dengan keyakinan selama ini, Nakamoto bukanlah nama samaran sekelompok orang, tetapi benar-benar nama satu orang. Pria berusia 64 tahun itu, menurut Newsweek, tinggal di California dan selama ini sudah biasa menangani proyek rahasia perusahaan besar dan militer Amerika Serikat. Bitcoin termasuk salah satu proyek rahasia yang bahkan tak diberitahukannya kepada keluarganya.

Kepada reporter Leah McGrath Godman, Nakamoto mengaku tak lagi terlibat dalam perkembangan Bitcoin saat ini.

“Saya tak lagi terlibat dalam Bitcoin dan saya enggak bisa mendiskusikannya,” katanya. “Bitcoin sudah diserahkan kepada orang lain. Mereka yang mengurusnya sekarang. Saya enggak ada hubungan apa-apa lagi.”

Nakamoto pertama kali memperkenalkan Bitcoin kepada dunia pada tahun 2008, tetapi identitasnya tetap misterius. Kepala pengembang Bitcoin saat ini Gavin Andressen mengatakan bahwa antara tahun 2010 dan 2011, Nakamoto berhubungan dengan dia secara rutin via email dan pesan pribadi, dan dia cerita sedikit mengenai dirinya. Pada tahun 2011, Nakamoto meminta Andressen untuk tak membesar-besarkan aspek “penemu misterius” dari Bitcoin, dan keduanya pun tak pernah lagi berhubungan.

Newsweek menyebutkan, Nakamoto berlatarbelakang insinyur dan telah menghabiskan banyak hidupnya untuk mengerjakan proyek di bidang pertahanan. Setelah meninggalkan pekerjaannya di Hughes Aircraft, dia beralih menjadi insinyur komputer yang kadang-kadang menggarap proyek independen militer.

Menariknya, Newsweek juga mempublikasikan foto Satoshi Nakamoto. Meskipun, keterangan mengenai dia lebih banyak diperoleh Goodman dari keluarganya.

Walaupun diguncang banyak kasus pembobolan dan penolakan, termasuk di Indonesia, Bitcoin masih bertahan hingga saat ini. Pada hari ini nilai tukar 1 Bitcoin setara dengan US$630.3.

Salah satu kasus menyangkut Bitcoin paling menonjol pekan ini adalah bangkrutnya Mt.Gox, layanan penukaran Bitcoin terbesar berbasis di Jepang. Kasus lainnya adalah yang menimpa Flexcoin, layanan perbankan dan penyimpanan Bitcoin yang kehilangan 896 Bitcoin karena diserang hacker.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: