Posisi Duduk Yang Tepat Untuk Ibu Hamil

TabloidNakita.com – Posisi duduk yang tepat untuk ibu hamil tidak hanya membuat ibu hamil nyaman saat beraktivitas, tapi juga menghindarkan dari dua gangguan yang kerap menyerang mama saat hamil, yaitu sakit pinggang dan punggung. Memang, dua gangguan ini tidak melulu didominasi oleh posisi duduk yang tidak tepat, tapi bisa juga disebabkan oleh kenaikan berat badan mama yang semakin bertambah saat hamil. Untuk penyebab ini tak banyak yang dapat dilakukan ibu hamil karena perubahan tubuh pada ibu hamil normal dan alami. Berbeda dengan penyebab kedua yang dapat dihindari dengan mengetahui posisi duduk yang tepat untuk ibu hamil.

Bagaimana postur, sikap, atau posisi duduk yang tepat untuk ibu hamil? Sikap tubuh saat hamil sebenarnya tak jauh berbeda seperti kala tak hamil, hanya saja karena ibu memang membawa beban di perut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Berikut posisi duduk yang tepat untuk ibu hamil:

* Posisi duduk tepat duduk bagi ibu hamil.

– Atur duduk serelaks mungkin.

– Bagian belakang tubuh usahakan bersandar dengan posisi lurus pada sandaran kursi. Untuk itu duduklah agak ke depan. Posisi ini akan membuat otot lebih relaks.

– Usahakan kaki menyentuh lantai. Jika tak sampai, tempatkan bangku kecil untuk tempat kaki.

– Sama halnya dengan berdiri, hindari duduk terlalu lama (selingi duduk selama 2 jam dengan berjalan-jalan 5 menit sekali).

* Postur tubuh tepat untuk ibu hamil saat duduk di lantai.

– Duduk di permukaan keras (lantai) sebenarnya tidak disarankan bagi ibu yang tengah berbadan dua. Tulang ekor yang mengalami perubahan posisi selama kehamilan menjadi lebih menjorok keluar, akan membuat ibu hamil tidak nyaman duduk dalam kondisi itu.

– Kalaupun terpaksa duduk di lantai, ganjallah bokong dengan bantal. Sebisa mungkin hindari melipat kaki terlalu lama dan sering-seringlah mengubah posisi kaki saat duduk agar tidak kram.

– Jika memungkinkan, duduklah dalam posisi bersandar dengan kaki diselonjorkan.

* Postur tubuh tepat saat bangun dari duduk di kursi/lantai.

– Memang sedikit berat (apalagi bagi ibu yang tengah hamil tua), untuk itu lakukan secara berhati-hati dengan menggeser tubuh ke sisi depan kursi. Condongkan badan agak ke depan, lalu satu kaki agak maju menjejak di lantai dibanding satunya lagi.

– Letakkan kedua tangan di atas paha lalu cobalah berdiri.

– Bila ingin bangkit dari duduk di lantai, menyampinglah ke salah satu sisi.

– Bantu menopang beban tubuh dengan tangan bertumpu di lantai.

– Akan lebih mudah lagi bila ibu bisa bertumpu pada benda yang lebih tinggi, kuat dan mudah dijangkau seperti meja atau kursi. Lalu berdiri perlahan.

– Diam dulu sejenak sebelum melangkah atau melakukan hal lainnya.

– Jika masih tidak kuat, tak perlu malu untuk meminta bantuan orang lain.

Dengan melakukan posisi duduk yang tepat untuk ibu hamil, diharapkan ibu dapat nyaman beraktivitas sekaligus terhindar dari gangguan sakit punggung dan pinggang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: