6 Cara Mencegah Varises Saat Hamil

TabloidNakita.com – Varises saat hamil merupakan gangguan umum yang dialami mama. Kondisi tersebut tentu akan membuat berkurangnya kepercayaan diri wanita. Tetapi tidak hanya itu, varises bahkan bisa memicu gangguan kesehatan yang lebih serius, seperti penyumbatan vena.

Luis Navarro, direktur The Vein Treatment Center, New York, mengatakan, kehamilan merupakan faktor percepatan formasi vena terbesar. Ini dipengaruhi dengan peningkatan volume darah dan tekanan yang disebabkan oleh janin yang bertambah besar pada vena terbesar tubuh, yaitu vena cava inferior.

Karena kondisi itulah, tekanan pada vena di bagian tubuh lain, seperti kaki, juga meningkat. Padahal, vena pada kaki sudah bekerja cukup berat untuk mengembalikan darah pada bagian atas tubuh. Ditambah lagi, peningkatan hormon progesteron yang memperlebar vena.

Navarro mengatakan, satu penyebab umum untuk varises adalah lemahnya dinding vena dan katup. Risiko varises juga meningkat seiring bertambahnya usia, berat badan, dan jumlah kehamilan. Namun varises pada kehamilan dapat dicegah. Berikut cara mencegah varises saat hamil:

1. Tidur menghadap kiri
Karena vena cava berlokasi pada bagian kanan tubuh, tidur ke arah kiri merupakan cara terbaik agar darah dapat kembali ke arah kanan tubuh. Tindakan ini efektif meminimalkan munculnya varises saat hamil.

2. Olahraga
Olahraga merupakan cara terbaik untuk memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh. Para ahli pun mengatakan, olahraga aman dilakukan saat hamil. Tiga puluh menit atau lebih olahraga moderat setiap hari adalah yang disarankan. Olahraga adalah cara yang dapat mencegah varises saat hamil.

3. Posisikan kaki lebih tinggi
Memposisikan kaki lebih tinggi dari jantung setiap tiga jam akan memperbaiki sirkulasi. Saat berdiri, pastikan Anda tidak bertumpu di satu kaki, dan jangan silangkan kaki saat duduk.

4. Jaga kenaikan berat badan
Kenaikan berat badan yang berlebihan saat hamil dapat menyebabkan varises. Maka pastikan kenaikan berat badan Anda sesuai dengan angka yang disarankan sesuai dengan indeks massa tubuh sebelum hamil.

5. Hindari konstipasi
Konstipasi dapat meningkatkan risiko varises, maka hindarilah hal itu dengan banyak minum banyak air putih, kurangi garam, dan cukup makan makanan kaya serat.

6. Gunakan stoking khusus
Stoking khusus yang lebih ketat pada bagian pergelangan kaki dan lebih longgar di bagian paha akan membantu darah untuk lebih mudah naik sehingga mempermudah fungsi vena.

Dengan berbagai tindakan di atas, diharapkan varises saat hamil dapat dicegah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: