Balerina Ini Tetap Menari sampai Usia Kehamilan 9 Bulan

Kompas.com – Instruktur balet profesional Mary Helen Bowers yang sedang mengandung saat ini sudah memasuki bulan kesembilan kehamilannya. Tetapi, kondisi itu tak membuatnya berhenti melakukan kegiatan yang paling dicintainya, menari balet.

Bowers (33) adalah mantan penari balet dari New York City Balet. Ia juga pencipta gerakan Ballet Beautiful, latihan low-impact untuk menguatkan dan membentuk otot-otot yang dipakai dalam gerakan balet.

Bower juga pelatih pribadi Miranda Kerr untuk membentuk badannya. Dia juga melatih balet Natalie Portman dalam perannya di film Black Swan yang berhasil mengantarkan Portman meraih Oscar.

Kini, di usia kehamilannya yang sudah trimester tiga, ia tetap berlatih balet setiap hari dan berencana berhenti berlatih seminggu sebelum perkiraan tanggal persalinan.

Ia juga meluncurkan video seri latihan olahraga untuk ibu hamil dan pasca-persalinan.

“Kunci dari tetap aktif berolahraga saat hamil adalah mendengarkan apa kata tubuh. Saya juga dipantau secara ketat oleh dokter dan bekerja sama dengan pakar kesehatan dalam pembuatan seri video tersebut,” katanya.

Dia menambahkan, target dari latihannya adalah menguatkan batang tubuh. “Kita tak boleh melakukan apa-apa pada bagian perut, tapi ada cara yang bisa dilakukan untuk menguatkan otot dan tulang belakang sehingga terhindar dari nyeri tulang belakang,” paparnya.

Joshue Cohen, dokter spesialis kandungan, menjelaskan, berlatih balet saat hamil sebenarnya aman jika si ibu memang sudah terbiasa menari balet.

Meski begitu, ia menyarankan agar segera menghentikan latihan jika terasa pusing, lemah, atau pandangan kabur. “Secara umum, ibu hamil di trimester tiga harus menghindari olahraga yang perlu memanjat karena di minggu 25-28 pusat gravitasi akan berubah sehingga mudah mengalami kehilangan keseimbangan dan jatuh,” ujarnya.

Sumber : Shine

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: