Minuman Berenergi Picu Risiko Kematian Mendadak

Liputan6.com, Bonn, Jerman : Untuk para penggemar minuman berenergi, para peneliti memperingatkan sebaiknya mengurangi konsumsi minuman tersebut. Para peneliti dari University of Bonn di Jerman mengatakan minuman berenergi yang dikemas dengan kafein dapat mengubah kinerja jantung.

Menurut peneliti detak jantung akan lebih cepat, karena kandungan kafein dalam minuman berenergi tiga kali lebih berbahaya dari kopi atau minuman bersoda.

Para peneliti tersebut melakukan penelitian yang melibatkan 17 orang yang diminta mengonsumsi minuman berenergi dan melihat reaksinya dalam satu jam.

Hasil penelitian menunjukkan kontraksi jantung lebih kuat setelah mengonsumsi minuman berenergi dalam waktu satu jam. Para peneliti memperingatkan sekali tidak hanya anak-anak yang harus menghindari minuman berenergi tetapi juga para orang dewasa.

“Kami tidak tahu persis, tetapi minuman berenergi ini berdampak buruk untuk fungsi hati dan jantung. Jumlah kafein yang terkandung lebih berbahaya dari kopi ataupun minuman bersoda,” kata Peneliti Jonas Dorner, dikutip Arabnews, Senin (16/12/2013).

Jonas menambahkan efek samping dari minuman berenergi itu banyak. “Efeknya itu banyak yaitu detak jantung yang cepat, jantung berdebar, peningkatan tekanan darah dan kasus yang paling parah berisiko kejang atau kematian mendadak,” kata Jonas.

Namun seorang ahli jantung dari Rumah Sakit National Jeddah, dr. S.B. Dogra mengatakan ia tidak yakin dengan penelitian tersebut.

“Setiap minuman akan memeiliki kelebihan dan kekurangannya. Kita hanya perlu berhati-hati ketika mengonsumsinya jangan berlebihan untuk menghindari efek berbahaya,” kata Dogra. (Mia/Igw)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: