8 Langkah Memulai Latihan Yoga

KOMPAS.com – Tubuh Anda tak perlu lentur untuk memraktikkan yoga. Malah sebaliknya, yoga akan membantu Anda menjadi lentur. Namun, untuk memulai latihan yoga terutama bagi pemula, sebaiknya lakukan beberapa hal berikut ini:

1. Mulai dengan kelas pemula.
Anda bisa berhenti atau pindah ke kelas lain bila pada saat latihan menyadari kelas tersebut tidak cocok dengan tingkatan Anda.

2. Coba gaya yang berbeda agar menemukan yang cocok.
Hatha atau Vinyasa adalah gaya dasar yang baik dan cocok dengan banyak pemula.

3. Gunakan gulungan handuk atau balok yoga.
Ini berguna untuk membantu Anda dalam memodifikasi berbagai gaya yang lebih menantang.

4. Jangan pernah bersaing dengan anggota lain.
Tak perlu khawatir bila rekan lain bisa menyentuh ujung kaki, sementara Anda tidak bisa melakukannya pada latihan pertama kali.

5. Gunakan pakaian yang nyaman dan lentur. Lepaskan sepatu dan kaus kaki.

6. Lakukan yoga saat perut dalam keadaan kosong.
Bila memungkinkan, lakukan yoga 3 jam setelah makan besar atau 1 jam setelah makan ringan. Untuk praktik lebih lama, minum air dalam jumlah banyak 30 menit sebelum berlatih.

7. Cocokkan waktu dan tempat beryoga dengan kondisi Anda. Saat berlatih, buang jauh-jauh rasa khawatir.

8. Konsultasikan dengan praktisi kesehatan.
Terlebih bila Anda mengalami cedera, sakit, atau sedang hamil. Cari guru yoga yang berpengalaman.

Selamat beryoga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: