5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Obat Tidur

Liputan6.com, Jakarta : Sebuah laporan CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika) baru-baru ini menemukan hampir sembilan juta orang Amerika atau sekitar empat persen orang dewasa di atas 20 tahun sering minum obat tidur (dan jauh lebih banyak perempuan dibandingkan laki-laki).

Hal ini menunjukkan, ketika seseorang merasa insomnia (sulit tidur), ia akan segera minum obat tidur. Tapi meskipun Anda bisa tidur, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentan obat tidur, seperti dilansir Bustle, Sabtu (29/11/2013) berikut ini:

1. Obat tidur bukan pilihan pertama saat insomnia
Insomnia bisa menjadi tanda dari masalah psikologis. Jika Anda secara teratur mengalami insomnia, Mayo Clinic menyebutkan pasti ada pola perilaku yang salah dan perlu diubah. Karena terapi perilaku kognitif umumnya pengobatan yang terbaik.

2. Kenali jenis obat tidur
Beberapa pil tidur dirancang untuk membantu Anda tertidur lebih cepat seperti sonata atau ambien. Beberapa lainnya seperti Restoril bisa membuat Anda tidur lebih lama. Sementara jenis Lunesta, memiliki manfaat keduanya. Pastikan minum obat tidur sesuai kebutuhan Anda.

3. Memiliki efek samping
Obat tidur juga memiliki efek samping seperti menyebabkan kecemasan, mimpi yang aneh, mual bahkan muntah.

4. Kenali penyakit Anda sebelum minum obat tidur
Bila Anda memiliki riwayat penyakit seperti depresi, sleep apnea dan masalah pernapasan mungkin minum obat tidur akan lebih berisiko.

5. Terkait dengan kanker
Suatu studi pernah menghubungkan antara konsumsi obat tidur dengan kematian. Hasilnya menunjukkan, ornag yang sering minum obat tidur risiko terkena kankernya lebih tinggi.
(Fit/Mel)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: