Hati-hati! Sering Kucek Mata Berakibat Picu Kebutaan

DREAMERSRADIO.COM – Pada saat mata merasa perih, gatal atau kemasukan debu, maka reaksi tubuh pertama kali adalah melakukan kucekan pada mata. Padahal perilaku menggosok mata tersebut dapat menambah masalah serius pada mata.

Mata yang merah dan makin terasa perih hanya efek samping kecil dari kebiasaan mengucek mata. Karena mengucek mata secara tidak langsung memberikan tekanan lebih banyak pada bola mata yang kemasukan benda asing.

Dilansir dari Science, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Optometry and Vision Science menunjukan bahwa kebiasaan menggosok mata dapat menyebabkan kerusakan mata sehingga bisa berdampak serius terhadap penglihatan.

“Menggosok mata, melakukan yoga dengan posisi kepala di bawah, tidur dengan wajah menempel pada bantal dan berenang adalah aktivitas yang dapat meningkatkan penekanan pada mata,” tutur Professor Charles McMonnies.

Ketika benda menyentuh kelopak mata, maka mata akan mengalami peningkatan tekanan. Cahaya yang silau dapat memberikan tekanan. Sedangkan menggosok mata memberi tekanan hingga 10 kali lebih besar dibanding dengan kondisi normal.

Bahkan jika sering dilakukan, kebiasaan mengucek mata dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan mata serius, misalnya glaukoma, lebih cepat mengalami rabun jauh hingga menyebabkan kebutaan.

Cara terbaik untuk menjaga kesehatan mata adalah tidak mengucek mata, lebih baik beri obat tetes mata atau banyak berkedip jika terasa gatal, memerah atau kemasukan debu. Selain itu, tidur dengan posisi telentang adalah pilihan yang baik.

Sumber: http://id.she.yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: