Koruptor Mungkin Masa Kecilnya Kurang Bahagia

Liputan6.com, Jakarta : Bila menilik sejumlah koruptor di Indonesia, pasti banyak yang setuju kalau semua orang itu pada dasarnya adalah orang baik. Tapi pertanyaannya adalah mengapa orang baik tersebut bisa melakukan tindakan yang merugikan dirinya sendiri dan orang lain ya, sehingga tega menggunakan materi yang bukan haknya.

Melihat hal tersebut, Psikolog Tika Bisono justru malah melihat adanya bagian kecerdasan yang hilang sejak para koruptor masih kecil.

“Ketika usianya 3-6 tahun, mungkin masa kecil para koruptor gagal secara fisik, emosi dan psikososial. Sehingga ada hambatan emosional yang dipupuk sejak usia 3 tahun,” kata Tika saat acara talkshow ‘Memilih Mainan yang tepat untuk si Buah Hati’ di FX Mall, Jakarta, dan ditulis Rabu (20/11/2013).

Tika menyontohkan, ketika usianya 3 tahun misalnya, orangtua terlalu memaksakan kehendaknya seperti memaksakan anak dalam memakai baju. Dari situ anak jadi tidak ada tempat untuk eksplorasi apa yang dia sukai dan tidak suka.

“Elemen kecerdasan yang hilang ketika itu mungkin salah satu dari beberapa faktor seperti verbal (lingistik), logika-matematika, visual-spasial, fisik-kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal, naturalsitik dan eksistensial,” tambahnya.

(Fit/Mel)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: