Jangan Karena Usia Wanita `Terpaksa` Menikah!

Liputan6.com, Jakarta : Wanita yang diburu-buru menikah karena usia jangan sampai memilih suami. Kenali si pria lebih dalam agar wanita tak salah memilih.

“Seringkali, tekanan sosial misalnya karena usia membuat wanita `terpaksa` menikah meskipun sesungguhnya belum tahu benar pasangannya,” kata Psikolog Klinis Universitas Sanata Dharma Heri Widodo, MPsi., saat dihubungi Liputan6.com dan ditulis Jumat (15/11/2013).

Menurutnya, mengenal pasangan itu perlu. Apalagi menikah berarti memutuskan melangkah ke jenjang berikutnya dalam tahap perkembangan individu. Dan keputusan ini sebaiknya merupakan keputusan yang bersifat mandiri, meskipun tetap mempertimbangkan masukan dari lingkungan eksternal.

Keputusan menikah juga tidak mudah karena selain menyangkut kesiapan psikologis juga menyangkut kesiapan di area ekonomi, sosial dan sebagainya.

“Keputusan untuk menikah berkaitan dengan komitmen yaitu kesetiaan terhadap pasangan yang dipilihnya tidak hanya untuk saat ini namun juga untuk masa-masa yang akan datang, tidak hanya saat datangnya situasi menyenangkan dan bahagia, namun juga dikala kesedihan dan derita datang dalam pernikahan mereka,” katanya.
(Mel/*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: