Tak Pernah Ada Kata Terlambat Buat Mulai Berbisnis

Liputan6.com, Washington : Kesuksesan Mark Zuckerberg dan Jack Dorsey membangun bisnis multinasional membuat iri orang yang melihatnya.

Di usia masih sangat muda, keduanya mampu menyandang gelar miliarder karena berhasil menjalankan bisnisnya. Lalu apakah ini menjadi pertanda jika orang yang berusia lebih tua tak mampu membangun bisnis?. Jawabannya tak benar.

Mengutip laman Inc.com, Senin (11/11/2013), tak ada kata terlalu tua untuk mulai berbisnis. Laporan terbaru dari lembaga pemerhati kegiatan wirausaha e Kauffman Foundation bertajuk `Index of Entrepreneurial Activity` justru menyebutkan jumlah pengusaha muda terus menurun dalam beberapa tahun terakhir. Usia pebisnis baru yang dimaksud berkisar 20 sampai 34 tahun.

Uniknya, jumlah pengusaha berusia 55-64 tahun yang baru mendirikan bisnis justru meningkat secara drastis. Pada 1996, pengusaha berusia di atas 55 tahun hanya berjumlah 14,3% dari total pebisnis yang ada. Tahun lalu angka tersebut meningkat hingga 23,4%.

Melihat perkembangan tersebut, perusahaan konsultasi Center for Productive Longevity mengadakan konferensi nasional di Washington DC untuk meningkatkan jumlah pengusaha berusia di atas 50 tahun.

Pendiri perusahaan tersebut, Bill Zinke, sangat yakin bisnis dapat berkembang lebih baik di tangan orang-orang yang lebih tua.

“Mereka yang lebih tua memiliki semua yang tidak dimiliki pengusaha muda seperti pengalaman, keahlian, penilaian, dan kinerja. Tak heran, pengusaha yang lebih tua memiliki tingkat kesuksesan yang lebih baik,” jelasnya.

Tahun lalu, perusahaan tersebut juga mengadakan pertemuan untuk mendorong para peminat bisnis yang berusia di atas 50 tahun, Orang-orang yang lebih tua juga diyakini lebih inovatif dalam mengembangkan usaha.

Artinya, tak ada kata terlambat untuk mulai berbisnis. (Sis/Nur)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: