Inilah yang Menyebabkan 40 Persen Anak Indonesia Pendek!

Liputan6.com, Jakarta : Banyak calon ibu yang kurang memperhatikan asupan gizi saat hamil, terutama zinc. Akibatnya, anak yang lahir kelak bakal berpostur tubuh pendek.

“Alasan mengapa anak-anak di Jepang tinggi, itu karena asupan Zinc pada ibunya tidak kurang. Sedangkan di Indonesia, 40 persen anak-anaknya memiliki tingginya kurang dari 160 cm,” kata Spesialis Kandungan Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (RSCM FK-UI) Dr. dr. Noroyono Wibowo, Sp.OG(K) dalam acara ‘Early Life Nutrition Solusi Ibu Hamil Untuk Memenuhi Asupan Gizi’, di Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Rabu (6/11/2013)

Menurut Noroyono, kebutuhan harian zinc yang harus dipenuhi para ibu hamil setidaknya 10,5 mg. Usahakan jangan sampai kurang, dan jangan juga kelebihan.

“Zinc itu didapat dari daging dan kerang. Makanlah itu. Tapi, usahakan kerangnya yang tidak terkontaminasi bahan kimia,” kata pria berkacamata ini menambahkan.

Selain membuat anak berisiko lahir pendek, tambah Noroyo, kekurangan zinc pun dapat berakibat pada daya tahan tubuh anak terhadap penyakit yang rendah. Ini karena zinc dapat menguatkan imunitas pada anak.

Zinc merupakan mineral penting yang terdapat pada hampir setiap sel yang ada di dalam tubuh. Manfaat bagi bayi, Zinc dapat membantu pertumbuhan sel dan produksi DNA.
(Adt/Mel/*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: