Ini Cara Murah Turunkan Risiko Sakit Jantung

KOMPAS.com-Risiko menderita penyakit kardiovaskuler ternyata bisa diturunkan dengan cara yang mudah dan murah. Cukup rajin sikat gigi, risiko menderita penyakit jantung dan pembuluh darah bisa berkurang.

Ini merupakan kesimpulan para peneliti dari Columbia University’s Mailman School of Public Health. Para ilmuwan ini meneliti apakah membersihkan, menyikat, dan kunjungan rutin ke dokter gigi mempengaruhi penebalan dinding arteri karena kalsium, kolesterol, dan zat lainnya dalam aliran darah. Hasil studi ini dipublikasikan dalam Journal of the American Heart Association.

Penemuan ini menegaskan hubungan kuat antara kebersihan oral dan pengerasan pembuluh darah (aterosklerosis). Aterosklerosis merupakan faktor utama penyebab stroke dan serangan jantung. Pengerasan pembuluh darah juga berhubungan penyakit jantung koroner dan arteri tepi.

“Hasil ini penting sekali, karena ternyata kemajuan arterosklerosis sejalan dengan penyakit dan profil bakteri di gusi. Riset ini menunjukkan, modifikasi bakteri periodontal bisa memperlambat penyakit gusi dan pembuluh darah,” kata salah seorang periset, Moïse Desvarieux.

Untuk mengetahui perbaikan kondisi oral dapat menahan laju aterosklerosis, peneliti mengkaji data dari Oral Infections and Vascular Disease Epidemiology Study. Data ini mencakup 5.008 sampel plak gigi dari 420 orang dewasa.

Sampel ini kemudian dianalisa untuk melihat 11 bakteri penyebab infeksi gusi (periodontal). Desvarieux dan timnya juga melacak perbaikan atau penurunan kondisi kesehatan gusi responden, melalui kunjungan rutin.

Periset optimis temuan ini menjadi bukti klinis pada pengobatan kardiovaskuler. “Sangat penting untuk mengikuti pasien, dan melihat hubungan antara infeksi gusi dengan aterosklerosis. Dalam tahap ini, bisa diuji apakah memodifikasi flora dalam gusi akan memperlambat kemajuan artherosclerosis,” kata Desvarieux.

Sumber: http://www.medicaldaily.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: