Langsing Tanpa Diet? Kok Bisa

KOMPAS.com — Diet untuk menurunkan bobot tubuh dan membentuknya jadi lebih seksi terkadang sangat menyiksa. Tidak boleh makan ini, makan itu, harus ini, harus itu, semuanya serba dilarang. Tak aneh kalau banyak orang yang bilang diet itu menyiksa.

Namun apakah diet dengan mengurangi porsi makan, menghindari makanan tertentu ini benar-benar tepat sasaran? Sebenarnya, ada kok cara yang lebih mudah dan lebih enak untuk menurunkan berat badan tanpa harus diet. Ini triknya.

1. Katakan “ya” untuk sayuran
Penelitian mengungkapkan bahwa saat ditawari berbagai jenis makanan, maka Anda akan makan lebih banyak. Nah kalau sudah tahu begini, kenapa tak juga melakukannya terhadap sayuran? Gantilah beberapa jenis hidangan berlemak tinggi dalam menu Anda dengan sayuran yang lebih banyak. Pilih beberapa jenis sayuran hijau (lebih dari satu) dan Anda akan tetap merasa kenyang dan puas, tetapi mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

2. Makan perlahan
Jangan merasa kesal kalau teman Anda makan dalam waktu yang lama. Sebenarnya cara makan inilah yang harusnya dilakukan untuk mendapatkan bobot tubuh yang ideal. Ambil jeda dari kecepatan makan Anda. Kunyah makanan perlahan-lahan dan sadarilah setiap gigitan yang Anda makan. Makan terlalu cepat malah akan membuat Anda makan lebih banyak daripada saat makan perlahan.

3. Konsumsi biji-bijian
Beras merah, barley, dan gandum seharusnya bisa menjadi sahabat perut. Kandungan serat yang tinggi akan membantu Anda untuk merasa lebih cepat kenyang.

4. Fokus pada target
Apakah Anda punya celana jins favorit yang kini sudah tak muat lagi dipakai karena bobot tubuh yang melonjak? Dibanding angka timbangan, benda-benda ini lebih cocok dijadikan motivasi untuk menurunkan berat badan.

5. Bawa bekal
Tak ada salahnya, loh, membawa bekal makanan dari rumah. Selain bisa menghemat pengeluaran, Anda juga bisa hidup lebih sehat dan menjamin kebersihan makanan yang disantap. Tak perlu makanan yang terlalu ribet jika Anda tak sempat memasaknya, potongan buah dalam boks, roti, atau yoghurt rendah lemak juga bisa jadi teman ngemil di kantor.

6. Minum teh hijau
Beberapa studi menunjukkan bahwa teh hijau bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar kalori lebih banyak. Hal ini disinyalir karena kandungan catechin yang tinggi.

7. Jalan kaki
Oke, Anda tak harus jadi pejalan kaki maraton atau pelari maraton yang kuat untuk membakar kalori lebih banyak. Namun, penelitian menunjukkan bahwa berjalan selama 20 menit sehari bisa membantu membakar 100 kalori lebih dari biasanya.

8. Makan di piring yang lebih kecil
Semakin besar ukuran piring biasanya jumlah makanan yang diambil jadi lebih banyak. Lantas mengapa tak berpikir sebaliknya? Ambil makanan dalam ukuran piring yang kecil. Cara ini akan membantu Anda untuk berpikir bahwa Anda makan dengan normal, padahal sebenarnya Anda baru saja mengurangi 100-200 kalori dalam makanan.
Sumber : health me up

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: