Olahraga Cuma Kejar Kemenangan, Waspada Kematian

Liputan6.com, Jakarta : Anda senang berolahraga? Jika iya, tetapkan tujuan Anda ingin berolahraga karena sehat atau memburu kemenangan.

Spesialis Kedokteran Olah Raga dr Michael Triangto, SpKO, saat dihubungi Liputan6.com, menjelaskan, tujuan olahraga itu tak selalu sama sehingga kita harus menentukan tujuan dari olahraga.

Ia mengatakan, jika seseorang berusaha untuk menyelesaikan lomba, berarti orang itu akan menyisihkan tujuan untuk mendapatkan nilai kesehatan karena memang tujuannya ingin menang. Beda halnya jika orang ingin sehat, maka tak boleh berharap menang.

“Dari sana dapat kita ketahui bahwa olahraga itu tidak selalu sama dan kita harus menentukan tujuan dari olahraga itu sejak awal program. Itu sebabnya saya selalu menggunakan penamaan sports therapy bila ingin mendapatkan nilai kesehatan,” kata dr Micahel dan ditulis Senin (28/10/2013).

Menurut dr Michael, definis sports therapy sendiri adalah program pengobatan yang menggunakan olahraga terukur, yang ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan seseorang ataupun membantu proses penyembuhan penyakit tertentu.

“Secara singkat sports therapy adalah untuk pengobatan atau exercise is medicine. Sedangkan olahraga yang dilakukan oleh para atlet itu untuk prestasi ataupun fun. Karena itu terkadang masyarakat tidak cukup hati-hati dalam melakukannnya sehingga berpotensi menyebabkan kematian,” kata dr Michael menegaskan.
(Mel)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: