6 Gangguan yang Bikin Tidur Gelisah, Hindarilah!

Liputan6.com, New York : Sebelum Anda tidur, jangan sekali-kali melakukan enam hal ini. Meski Anda sudah ngantuk berat, tapi terganjal salah satu dari enam hal ini, tidur Anda bisa gelisah.

Bahkan jika Anda sudah `mabuk` teh camomile, menutup tirai, atau mematikan lampu, kesalahan ini bisa membuat tidur Anda tak nyenyak. Situs Handbag, Minggu (27/10/2013), menjelaskan, enam kesalahan tidur ini kerap terjadi:

1. Terlalu banyak obat
Jika Anda demam atau bahkan flu, Anda tentu berjuang menghilangkan flu dan batuk itu dengan minum banyak obat. Tapi, itu bisa membuatnya menjadi buruk.

Pseudoefedrin yang adai di sebagian besar tablet dekongestan bisa menyebabkan insomnia. Sehingga kandungan tersebut ada pada obat yang khusus dirancang untuk waktu malam.

2. Berendam air hangat
Mandi air hangat yang lama bisa membuat Anda merasa lebih santai, tapi langsung ketempat tidur usai mandi benar-benar bukan ide yang baik.

Penurunan suhu tubuh yang secara alami pada malam hari bisa membuat Anda merasa lebih santai. Mandi air hangat bisa membuat suhu tubuh Anda naik, tapi itu adalah pendinginan yang sebenarnya mempermudah proses membuat Anda menjadi santai.

Semakin Anda beranjak ke dalam selimut usai mandi air panas tak akan membuat tubuh Anda relaks. Mandilah setidaknya satu jam sebelum tidur untuk hasil terbaik.

3. Jangan gunakan laptop
Mengetik di komputer sebelum tidur mungkin terdengar bagus untuk beristirahat, tapi penelitian menunjukkan bahwa `cahaya biru` yang dipancarkan dari gadget bisa menekan tingkat melatonin dan memengaruhi jam tubuh kita. Matikan gadget Anda satu jam sebelum tidur atau redupkan layar sebisa mungkin setelah pukul 20.00.

4. Makan Karbohidrat
Makan makanan bertepung sebelum tidur bisa membebani sistem pencernaan Anda dan membuat Anda merasa kembung. Penelitian menunjukkan perut yang penuh bisa merangsang gelombang otak yang mengakibatkan mimpi buruk. Jadi hindari makan besar dua jam sebelum tidur.

5. Hindari argumen
Jika dada Anda dibebani usai berdebat sebelum tidur, ini akan membuat Anda melek. Stres dan stimulasi yang berlebihan sebelum tidur tak akan membuat otak Anda santai, jadi Anda akan sulit tidur.

Ini juga berlaku untuk pengiriman SMS yang berisi marah-marah atau sulit menelepon seseorang. Jadi simpan untuk pagi hari.

6. Mencari barang
Anda baru saja nyaman, tapi Anda teringat sesuatu yang mengganggu Anda yakni Anda lupa meletakkan sesuatu. Bangun dan mencari bisa menenangkan pikiran, tapi jika Anda tak bisa menemukannya akan mengganggu Anda.
(Mel)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: