Dapat Tawaran Kerja? Pikirkan Dulu 7 Faktor Ini

Liputan6.com, Los Angeles : Tawaran pekerjaan baru melahirkan banyak harapan baru bagi banyak orang. Terlebih lagi jika Anda memiliki setumpuk pengalaman kerja. Namun menerima tawaran kerja ternyata tidak mudah. Terdapat sejumlah faktor penting yang harus Anda pertimbangkan sebelum menerimanya.

Seperti dilansir dari Magforwomen.com, Rabu (23/10/2013), jika Anda tidak menemukan masalah dengan pekerjaan yang baru, maka semuanya akan berjalan dengan baik. Tak hanya itu, Anda juga bisa menyegarkan pikiran dengan suasana kerja yang baru.

Anda perlu melakukan sejumlah pengecekan dan menemukan informasi yang cukup tentang apapun yang berkaitan dengan tawaran tersebut. Berikut tujuh faktor penting yang harus dipikirkan sebelum Anda menerima tawaran kerja di tempat baru:

1. Jarak
Bagian terpenting dalam pekerjaan adalah jarak dari tempat tinggal Anda ke kantor. Pertimbangkan faktor tersebut matang-matang sebelum Anda menerima pekerjaan yang baru. Jika lokasi perusahaan yang baru membutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga jam, maka jangan bergabung dengan tempat tersebut. Perjalanan ke kantor harus merupakan kegiatan yang fleksibel dan mudah dicapai. Pilihan tepat pada faktor ini akan membuat Anda menghemat banyak waktu untuk melakukan sejumlah kegiatan pribadi.

2. Gaji
Perolehan gaji di tempat kerja yang baru merupakan salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan sebelum menerima pekerjaan baru. Saat perusahaan tersebut menawarkan gaji yang lebih besar dari kantor Anda sebelumnya, tentu saja menerima tawaran tersebut adalah pilihan yang tepat. Menerima gaji dalam jumlah sama berarti Anda tak akan mengalami pertumbuhan karir.

3. Profil perusahaan
Mendapatkan tawaran kerja baru mungkin sangat menyenangkan, tapi jangan lupa untuk mengenali perusahaan yang akan Anda masuki terlebih dulu. Jika Anda menemukan sejumlah hal yang mengganjal, Anda bisa berbicara dengan pihak personalia sebelum menerimanya. Namun jika semuanya baik-baik saja, jangan tunda untuk tandatangani kontrak di perusahaan yang baru.

4. Lingkungan kerja
Jika Anda sekiranya akan merasa nyaman dengan rekan kerja dan bos baru Anda, jangan ragu untuk menerima tawaran pekerjaan baru. Lingkungan kerja seperti itu akan selalu positif untuk bekerja. Anda harus berpikir ulang saat menemukan sejumlah hal negatif di lingkungan kerja yang baru. Pendekatan yang ramah dari bos dan rekan kerja dapat membuat Anda lebih baik dalam bekerja.

5. Prospek kerja
Penting halnya untuk mengetahui prospek pertumbuhan karir sebelum menerima tawaran baru. Mencari tahu soal keuntungan, prospek naik jabatan dan insentif perusahaan juga perlu diketahui sejak dini. Jika Anda merasa pekerjaan tersebut dapat memberikan kehidupan yang lebih baik maka waktu yang tepat untuk menerima tawaran baru.

6. Profil pekerjaan
Saat memperoleh tawaran kerja, pastikan Anda mengetahui dengan baik jenis pekerjaan yang akan Anda lakukan. Jika Anda mengetahui segalanya, tak banyak masalah yang perlu dihadapi nantinya. Jenis pekerjaan dan kontribusi yang tepat juga perlu Anda ketahui secara menyeluruh.

7. Asuransi dan cuti
Sebelum menerima pekerjaan baru, cobalah untuk mengetahui berapa nilai yang bisa Anda peroleh dari asuransi perusahaan. Jumlah tersebut juga berkaitan dengan asuransi kesehatan dan pendidikan anak. Jangan lupa untuk mengecek sejumlah kebijakan perusahaan terkait ijin sakit dan cuti. (Sis/Ahm)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: