10 Pekerjaan yang Paling Cocok Buat Sarjana Baru

Liputan6.com, New York : Setelah lulus dari universitas, mencari pekerjaan seringkali menjadi tugas berat yang harus diemban para sarjana. Bayaran yang sesuai juga tak jarang membuat para lulusan tersebut bolak balik perusahaan.

Salah satu ketakutan terbesar para sarjana baru adalah mencari pekerjaan. Tak hanya itu, jumlah gaji yang ditawarkan juga menjadi pertimbangan utama bagi para pencari kerja.

Seperti dilansir dari Business Insider, Selasa (22/10/2013), prospek karir ke depannya turut menjadi faktor utama yang dipikirkan para mahasiswa yang baru lulus. Sebenarnya banyak pekerjaan yang menawarkan gaji besar meski bagi lulusan yang belum memiliki pengalaman kerja sebelumnya.

University of California, San Diago menghimpun daftar karir yang paling dibutuhkan sepanjang tahun ini dan ditulis dalam laporan bertajuk `Hot Careers for College Graduates`.

Hasilnya, berikut 10 pekerjaan yang paling cocok bagi para mahasiswa yang baru lulus, yakni:

1. Pengembang sistem perangkat lunak (sistem software)
Meskipun permintaan tenaga kerja untuk pembuat aplikasi software masih lebih tinggi, tapi para pengembang sistem software memiliki proyeksi pertumbuhan tenaga kerja yang lebih baik sebesar 32%.

Sementara untuk para pencipta aplikasi software hanya berjumlah 28%. Jumlah gaji para pengembang sistem software juga tercatat lebih tinggi.

2. Pengembang aplikasi perangkat lunak (aplikasi software)
Perbedaan antara pembuat aplikasi dan pengembang sistem software terletak pada permintaan konsumen. Dalam pengembangannya, para pencipta aplikasi software sangat terpusat pada minat dan keinginan konsumen.

Setelah itu, profesi ini menguji dan memodifikasi produknya untuk memenuhi keinginan serta kebutuhan konsumen.

Para sarjana yang lulus dari jurusan ilmu komputer atau matematika merupakan orang yang tepat untuk mengisi posisi itu. Pelamar yang memiliki kemampuan pemrograman juga dibutuhkan untuk menduduki jabatan tersebut.

3. Analis pasar
Data pemerintah AS menunjukkan 392.740 analis pasar dan spesialis pemasaran memiliki gaji sebesar US$ 67.380 per tahun. Tak heran pekerjaan tersebut masuk ke salah satu daftar rekomendasi bagi para lulusan universitas.

Tak hanya itu, pekerjaan tersebut juga masuk ke daftar posisi yang paling dicara. Lowongan pekerjaan tersebut akan tumbuh hingga 41% hingga 2020.

4. Akuntan atau Auditor
Jarangnya lulusan sarjana yang mengisi posisi tersebut membuatnya menjadi karir yang paling dibutuhkan. Setidaknya jutaan orang bekerja sebagai akuntan dan auditor.

Pada 2020 nanti, pertumbuhan lowongan pekerjaan untuk posisi tersebut akan meningkat sebesar 16%. Bagi para lulusan yang berorientasi pada pendapatan, pekerjaan sebagai akuntan adalah pilihan tepat. Hal ini karena adanya proyeksi peningkatan gaji untuk posisi tersebut.

5. Administrator sistem komputer dan jaringan
Pertumbuhan profesi sebagai administrasi sistem komputer dan jaringan diprediksi sebesar 28% pada 2020 mendatang. Meningkatnya teknologi rumah tangga dan di setiap sektor ekonomi menjadikan profesi ini menjadi yang paling dicari.

Dengan begitu, dibutuhkan para lulusan baru yang mampu mengisi banyaknya lowongan pekerjaan di bidang teknologi tersebut. Setiap tahunnya, jumlah kebutuhan administrator sistem komputer dan jaringan terus meningkat.

Ingin tahu 5 pekerjaan yang paling cocok bagi para mahasiswa yang baru lulus, simak artikel berikutnya. (Sis/Nur)

6. Guru sekolah dasar
Hingga saat ini jumlah guru sekolah dasar diprediksi masih sangat minim. Tak heran, jumlah permintaan untuk posisi tersebut masih cukup tinggi.

Selain itu, banyak juga guru-guru sekolah dasar yang sudah tua dan akan segera pensiun. Sementara itu, angka kelahiran diprediksi akan meningkat pada 2010-2020. Kondisi tersebut akan meingkatkan jumlah kebutuhan karir itu 18%.

7. Analis sistem komputer
Profesi sebagai analis sistem mengalami perkembangan karir yang pesat. Kategori pekerjaan ini akan tumbuh sebesar 22% pada 2020. Bagi para lulusan baru, gaji yang ditawarkan untuk profesi tersebut cukup tinggi.

8. Analis Manajemen
Seluruh bidang industri bahkan organisasi pemerintah bergantung pada para analis manajemen. Dengan latar belakang resesi ekonomi global pada 2008, semakin banyak pihak yang membutuhkan konsultan manajemen.

Hingga 2020, profesi tersebut diprediksi akan tumbuh sebesar 22%. Gaji yang ditawarkan bagi para lulusan universitas juga relatif tinggi.

9. Humas
Pekerjaan sebagai humas (public relation/PR) yang mewakili sekelompok kecil orang juga semakin dicari. Pada 2020 mendatang, pertumbuhan profesi tersebut diprediksi mencapai 23%.

10. Agen penjualan asuransi
Seiring populasi masyarakat yang terus meningkat, kebutuhan profesi sebagai agen penjualan asuransi juga diprediksi ikut naik. Hingga 2020 mendatang, pertumbuhan pekerjaan tersebut diprediksi mencapai 22%.

Meski sepertiga agen asuransi merupakan orang-orang bergelar sarjana, faktanya, masih banyak lulusan diploma dan sekolah menengah yang dapat memperoleh pekerjaan ini. (Sis/Nur)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: