Begini Nih Cara Bikin Miss V Wangi, Kesat dan Sehat!

Liputan6.com, Derajat keasaman vagina menurut Ahli Kandungan dan Kebidanan Dr. Boy Abidin, Sp.OG kira-kira antara 7,1-7,3. Untuk menjaga stabilitas kesehatan vagina, para perempuan setidaknya perlu memahami beberapa hal berikut ini;

1. Sesering mungkin mengganti pembalut terutama saat menstruasi. Pada masa ini, ganti pembalut beberapa kali dalam sehari. Darah yang keluar bisa menjadi media tumbuhnya kuman.

2. Saat mandi, sesudah berhubungan seks, bagian luar vagina sebaiknya selalu dibersihkan. “Tentu tidak dengan sabun biasa,” tegas Boy. Sebaiknya menggunakan sabun pembersih khusus vagina. Jika perlu, gunakan cairan pembersih vagina bila memang ada infeksi di daerah kemaluan.

3. Saat membersihkan vagina, bilas dari arah depan ke belakang. Hal ini untuk menghindari terbawanya kuman dari anus ke vagina. Lebih baik air untuk membersihkan langsung ditadah dari kran biasa atau dengan kran semprot. Air yang terkumpul di ember atau bak mandi bisa saja terkontaminasi air kencing orang lain, spora, jamur, atau kuman.

Bila menggunakan kertas tisu, anda harus hati-hati. Lendir dan air memang terserap, tapi hendaknya diingat bahwa tidak semua tisu terjamin kualitasnya. Tisu yang terbuat dari serbuk kayu ada yang tercemar jamur kalau proses pembuatannya kurang baik.

4. Jaga organ intim agar tidak lembab setelah buang air kecil atau buang air besar. Bilas vagina sampai bersih, kemudian keringkan sebelum memakai celana dalam. Usahakan agar daerah kemaluan dan selangkang selalu kering, lebih-lebih bila kita tergolong gemuk. Suasana lembap sangat disukai oleh jamur.

5. Gantilah celana dalam sekurang-kurangnya dua sampai tiga kali sehari.

6. Sebaiknya tidak menggunakan celana terlalu ketat, berbahan nilon, jin dan kulit. Gunakan celana dalam berbahan katun karena menyerap keringat. Bila menggunakan panty liner, sebaiknya hanya digunakan antara 2-3 jam saja.

7. Jangan biarkan celana basah atau lembab, karena memberi peluang tumbuhnya jamur.

8. Bagi wanita yang sudah pernah melahirkan dan pernah berhubungan seks, setidaknya melakukan pap smear sekali setahun. Untuk mereka yang sudah menopause, lakukan 2-3 tahun sekali.

9. Jaga berat badan agar normal. Jangan sampai kegemukan karena menyebabkan vagina bisa tertutup lipatan lemak sehingga lembab.

10. Jangan lupa, jaga kesehatan tubuh secara umum dengan mengasup makanan bergizi seimbang.

11. Lakukanlah hubungan seksual hanya dengan satu orang, sebab sering berganti pasangan akan menambah kemungkinan terinfeksi.
(Abd)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: