Payudara Kendur Bukan Karena Menyusui

Liputan6.com, California : Payudara kendur sering dialami ibu yang menyusui. Dan kekhawatiran tersebut juga dirasakan wanita yang menggunakan implan di payudaranya. Namun sebuah penelitian menemukan, menyusui bukanlah yang membuat payudara kendur.

Studi itu mengamati 119 wanita dengan implan payudara. “Payudara kendur sering dialami setelah melahirkan, itu hasil dari perubahan yang dibawa oleh kehamilan itu sendiri, bukan menyusui,” kata penulis penelitian Dr Norma Cruz, yang juga merupakan profesor operasi plastik di University of Puerto Rico School of Medicine di San Juan seperti dikutip Relaxnews, Senin (14/10/2013).

Dr Cruz juga mengatakan, menyusui tidak membuat payudara wanita yang dibesarkan ukurannya menjadi melorot.

Cruz mempresentasikan temuannya itu dalam pertemuan ilmiah tahunan Society of Plastic Surgeons di San Diego, California.

Perubahan Ukuran
Penelitian ini mengevaluasi perubahan dalam ukuran payudara akibat kehamilan pada 57 wanita yang membesarkan payudaranya serta menyusui. Selain itu juga pada 62 wanita dengan implan payudara tapi tak menyusui.

Pengukuran dilakukan sebelum kehamilan dan satu tahun setelah kehamilan atau setelah selesai menyusui.

Hasilnya, perubahan dalam pengukuran payudara dan tingkat kendur tak berbeda secara signifikan di antara wanita yang menyusui dan tidak.

Meskipun wanita yang mengalami payudara kendur meningkat, Dr Cruz mengatakan hal tersebut karena perubahan yang berhubungan dengan kehamilan, bukan menyusui.

(Mel/*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: