5 Hal yang Bikin Anda Boros Tanpa Sadar

Liputan6.com, New York : Kualitas barang yang Anda peroleh pasti sesuai dengan uang yang dikeluarkan. Sebagai konsumen, Anda pasti sering mendengar ungkapan, lebih banyak membeli sekali dengan harga mahal daripada harus beberapa kali mengeluarkan uang untuk barang berkualitas rendah.

Namun seperti melansir laman Business Insider, Sabtu (12/10/2013), sebagai konsumen, masih banyak barang berkualitas dengan harga yang murah. Sayangnya, seringkali beberapa faktor membuat Anda sulit mengendalikan pengeluaran pribadi.

Sebut saja cincin pertunangan, mabuk cinta bisa membuat Anda lupa diri dan membeli yang paling mahal. Padahal sebenarnya, Anda masih bisa memperoleh dengan harga miring. Apa saja barang yang bisa membuat Anda boros?

Berikut lima hal yang membuat Anda mengeluarkan uang terlalu banyak tanpa sadar:

1. Kado
Asisten profesor pemasaran di Otterbein University, Ohio, Michael Levin sangat yakin, banyak orang mengeluarkan terlalu banyak uang saat membeli hadiah dalam konteks sosial atau profesional. Ego dan keinginan untuk membuat orang terkesan membuat orang tak terlalu peduli dengan uang yang dihabiskannya.

Kevin mengatakan, saat ulang tahun bos, atau saat diundang ke pesta pernikahan, kebanyakan orang cenderung ingin menaikkan status sosialnya lewat kado yang diberikan. Seringkali keinginan untuk dinilai sukses juga menjadi pemicu Anda menghabiskan terlalu banyak uang hanya untuk membeli kado.

2. Cincin pertunangan
Alasan Anda bisa menghabiskan terlalu banyak uang untuk membeli cincin tunangan sangat sederhana, yaitu dimabuk cinta. Dalam kondisi seperti itu, Anda cenderung ingin membuktikan pada pasangan dengan membeli cincin pertunangan yang cukup mahal.

Bahkan tak jarang yang rela menghabiskan biaya setara dua bulan gajinya untuk membeli cincin tunangan. Sebenarnya hal ini dapat dihindari dengan memilih perhiasan lain yang sama indahnya tapi dengan harga yang lebih miring.

3. Persiapan pernikahan
Pernikahan merupakan hari besar yang tak akan pernah Anda lupakan seumur hidup. Demi memastikan hari tersebut berjalan lancar, tanpa terasa Anda akan menggelontorkan banyak uang. Tak hanya pasangan yang akan menikah, para orang tua juga turut memikirkan dan mengeluarkan uang untuk biaya pernikahan.

Jika Anda tak berhati-hati menggunakan uang, maka bisa saja Anda kehabisan dana tunai setelah menikah. Tak hanya itu, Anda bisa jadi menyusahkan orang lain untuk membantu kondisi finansial pribadi. Maka persiapkanlah dana pernikahan jauh-jauh hari sebelum waktunya tiba.

4. Mobil
Para pemilik mobil membutuhkan banyak perawatan untuk mobilnya. Mengemudi terlalu lama juga bisa membuat Anda boros untuk membeli bensin. Selain itu, perawatan dan menjaga kebersihan mobil juga dapat mengurangi uang Anda tanpa terasa. Belum lagi pelengkap dan aksesoris mobil seperti TV atau radio dapat membuat Anda merogoh banyak uang.

Namun, faktanya banyak konsumen yang tidak mengerti bagaimana cara merawat mobil dengan benar. Tekanan finanasial juga dapat memberikan kesulitan pengelolaan dana bagi pemiliknya.

5. Kasur
Meski banyak orang mengaku kesulitan untuk tidur cukup, tapi sebagian besar penduduk dunia menghabiskan sepertiga waktunya di tempat tidur. Tak terelakan, tidur memang merupakan hal yang penting.

Maka untuk menjaga kenyamanan selama tidur, tak heran banyak orang yang rela menghabiskan banyak uang untuk membeli kasur. Sebagian orang bahkan memilih untuk membeli kasur yang paling mahal. (Sis/Ndw)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: