Rahasia Awet Muda dan Umur Panjang Orang China Kuno

Liputan6.com, “Belajarlah sampai ke negeri China” idiom ini sangat popular. Bahkan Nabi Muhammad pun pernah mengatakan demikian. Apa pasalnya? Di negeri China banyak ilmu yang bisa digali, mulai dari teknik membuat mercon, kertas hingga ilmu-ilmu pengobatan yang tiada duanya.

Bahkan sampai-sampai teknik agar awet muda dan panjang umur pun mesti meniru gaya dan pola hidup orang-orang China. Lalu, apa saja resepnya.

Sederhana,” Hiduplah sesuai dengan siklus alam,” kata Dr.Rahmat, TCM, ahli pengobatan tradisional China seperti ditulis Rabu (9/10/2013). Dalam keadaan dingin atau panas, tubuh kita harus menyesuaikan dan menyeimbangkan diri. Jangan justru melawannya.

Gaya hidup sesuai siklus alam ini bila diuraikan lebih lanjut kurang lebih seperti ini, setiap orang harus memperhatikan cara makan, tidur, aktivitas dan kerja serta pembuangan.

1. Makan yang sehat: Konsumsi selalu bahan yang segar (sayur dan buah). Banyak bahan tambahan justru tidak baik bagi kesehatan. Kebanyakan bahan-bahan tambahan justru menjadi racun bagi tubuh. Rasa yang tidak kental (sedikit bumbu). Banyak bumbu justru tidak baik bagi tubuh. Bumbu sebenarnya tidak lebih dari bahan herbal dan itu tidak boleh dikonsumsi banyak-banyak.

2. Tidur yang sehat : Adalah tidur yang juga menyesuaikan siklus alam. “Yang mirip dengan ini adalah kebiasaan orang Islam,” tutur Rahmat. Mulai beranjak tidur setelah maghrib dan bangun sebelum matahari terbit.

3. Aktivitas yang sehat Kurang gerak akan mengurangi energi. Kelebihan gerak juga tidak baik. Kecapaian akan membuat kita mudah lemah dan sakit. Karenanya aktivitas juga harus seimbang dan secukupnya.

4. Pembuangan Yang dimaksud adalah proses pembuangan kotoran tubuh lewat feses. Sebaiknya rutin setiap hari minimal sekali. Bila banyak makanan yang terpaksa disimpan karena ada gangguan dalam pencernaan, akan menjadi racun dalam tubuh. Kalau empat hal ini diperhatikan dijamin Anda yang mengikuti pola hidup orang China ini bakal awet muda dan panjang umur. “Soal yang lain-lain itu tambahan saja,” kata Rahmat.

Maksudnya lain-lain ialah konsumsi herbal dan bahan-bahan penunjang stamina, latihan fisik dengan kung fu, tai chi atau chi kung, pengolahan napas.

“Semua itu bisa dilakukan. Tapi kalau tidak menjalankan empat hal tadi sama saja,” tegas Rahmat.

Orang bisa menjadi jago kung fu yang hebat tapi bisa jadi tidak panjang umur. Seperti Bruce Lee misalnya. Sebagai seorang pendekar, dia hebat tapi dia meninggal dalam usia muda gara-gara latihan yang begitu berat (menurut otopsi) sehingga ada gangguan di otaknya. Orang bisa mengonsumsi suplemen herbal setiap hari. Namun kalau tidurnya kurang, aktivitas tidak seimbang, sama saja.

(Abd)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: