8 Jurus Ampuh Membunuh Stres di Tempat Kerja

Liputan6.com, New York : Apakah tempat kerja Anda membuat Anda stress? Ternyata stress tidak hanya muncul dari dalam diri Anda, tapi sangat mungkin dipicu dari faktor eksternal seperti meja kerja yang berantakan, tempat kerja yang terlalu berisik, sampai teman kerja yang hobinya bergosip.

Lingkungan tempat kerja yang tidak kondusif bisa membuat pikiran Anda terbelah. Pekerjaan tidak selesai dan justru malah makin menumpuk. Hal ini membuat Anda tidak betah, dan bisa jadi membuat Anda berpikir untuk keluar dari pekerjaan Anda.

Tapi jangan terburu-buru memutuskan. Cobalah tekan stress Anda waktu di kantor. Lakukan 8 jurus ampuh untuk membunuh stress seperti dikutip dari Forbes, Senin (30/9/2013):

1. Tambahkan sentuhan pribadi.
Jika ruang kerja Anda terlalu kaku atau kosong, mungkin Anda perlu untuk menaruh barang-barang pribadi di atas meja atau ruang kerja Anda, yang memiliki beberapa arti khusus untuk Anda. Bisa berupa foto, karya seni inspiratif, buku, lampu khusus atau aksesoris dengan warna favorit Anda.

2. Jaga ruang kerja tetap bersih dan terorganisir.
Meja kerja yang berantakan bisa memicu stress karena Anda akan kesulitan mencari barang yang Anda butuhkan. Bagi banyak orang, sulit untuk fokus ketika meja mereka penuh dengan kertas, pesan telepon, kartu nama, majalah dan buletin,

Untuk itu, mulailah bersihkan meja Anda, buang barang yang sudah tidak berguna dan letakkan barang di tempat yang mudah Anda jangkau. Buatlah sistem pengarsipan yang lengkap untuk dokumen-dokumen penting Anda.

3. Lawan Interupsi.
Mungkin Anda memiliki rekan kerja yang selalu berhenti di meja Anda dan mengajak Anda untuk bergosip, atau Anda duduk di dekat teman yang suka mengobrol, tertawa dengan keras sehingga mengganggu konsentrasi Anda saat bekerja.

Anda harus mulai belajar untuk menangani gangguan ini, atau mengabaikannya. Hal ini dijamin bisa mengurangi tingkat stress Anda.

4. Adaptasi dengan perubahan.
Apakah perubahan bisa membuat Anda cemas? Segeralah beradaptasi dengan semua perubahan yang terjadi di kantor Anda. Perubahan itu bisa berupa tata ruang kantor Anda, hingga dengan software baru di komputer Anda, printer atau perangkat lainnya. Dengan belajar beradaptasi, stress yang menghantui Anda bisa cepat diminimalisir.

5. Tambahkan tanaman di atas meja.
Mengintegrasikan tanaman di lingkungan kerja tidak hanya memperindah lingkungan tetapi telah terbukti untuk mengurangi stress, menurunkan tekanan darah, meningkatkan perasaan positif, serta menekan suhu kamar dan kelembaban yang lebih rendah.

6. Menjadi komunikator yang baik.
Komunikasi yang buruk sering kali membuat putus asa saat Anda sedang di kantor. Jika Anda merasa kesal dengan kelakuan rekan kerja yang berbicara terlalu keras di telepon, atau bos yang selalu memperhatikan cara Anda bekerja, sampaikanlah dengan baik-baik kepada mereka bahwa Anda terganggu dengan itu semua. Siapa tahu mereka bersedia untuk berubah.

7. Lakukan relaksasi.
Jika Anda diperbolehkan dan itu tidak mengalihkan perhatian orang di sekitar Anda, pasanglah musik yang lembut, sesekali meregangkan otot atau berjalan-jalan. Anda tidak akan bisa menyingkirkan segala sesuatu yang berkontribusi terhadap stres Anda di tempat kerja, tapi Anda bisa melakukan relaksasi ketika sedang merasa tegang.

8. Dekorasi ulang
Anda mungkin tidak menyadari bahwa hal-hal kecil seperti pencahayaan, warna tembok dan dekorasi ruangan bisa membuat Anda stress. Cobalah mengubah warna dinding di ruang kantor Anda, jika memungkinkan. Pilih warna biru dan hijau agar lebih tenang, bisa juga warna kuning untuk merangsang intelektual Anda. Ganti juga kursi kerja Anda, pilih yang paling nyaman buat bekerja. (Ndw)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: