4 Tanda Wanita Tak Subur

Liputan6.com, Jakarta : Masalah ketidaksuburan (infertilitas) pada wanita generasi sekarang tampaknya umum terjadi. Ini bisa disebabkan sejumlah faktor.

Ada banyak perawatan yang tersedia untuk menangani kondisi ini. Namun gaya hidup sehat adalah cara termudah untuk menghindari komplikasi.

Memang sangat sulit mendapat gejala awal infertilitas. Karena beberapa tak terlihat. Selain itu gejala bisa bervariasi dari orang ke orang Tergantung pada penyebabnya.

Berikut beberapa gejala yang sangat umum dari ketidaksuburan pada wanita seperti dikutip Magforwomen:

1. Lebih dari satu tahun berhubungan seks tanpa kontrasepsi
Gejala pertama infertilitas adalah gagal hamil selama lebih dari satu tahun. Anda melakukan hubungan intim tanpa kontrasepsi secara teratur lebih dari satu tahun dan masih belum berhasil hamil. Maka saatnya Anda berkonsultasi ke dokter.

Kriteria satu tahun dapat bervariasi tergantung pada usia Anda . Yang di bawah 35 tahun harus menunggu selama satu tahun , sementara lebih dari 35 tahun harus berkonsultasi dengan dokter setelah enam bulan.

Namun, wanita yang lebih dari 35 tahun bisa terus berusaha setidaknya dua tahun sebelum menyerah dengan harapan.

2. Menstruasi tak teratur dan menyakitkan
Jika menstruasi Anda tidak teratur maka ini adalah sinyal merah. Selain itu, ada gejala lain seperti nyeri punggung , nyeri panggul , kram , perdarahan yang berlebihan atau sangat sedikit alirannya, atau dalam beberapa kasus menstruasi tiba-tiba berhenti sama sekali.

Ketidakteraturan ini mungkin menjadi tanda dari masalah ovulasi. Tapi ada juga kemungkinan gejala itu tidak berhubungan dengan infertilitas sama sekali. Jadi disarankan cek menyeluruh.

3. Ketidakseimbangan hormon
Jika Anda mengalami menstruasi yang tidak teratur, nyeri , menstruasi terlalu lama atau sebentar, itu bisa menunjukkan ketidakseimbangan hormon.

Ketidakseimbangan hormon bisa menjadi gejala infertilitas. Anda juga mengalami gejala seperti rambut menipis, depresi , jantung berdebar-debar, dorongan seks rendah. Meski ini belum tentu gejala infertilitas, Anda tak boleh mengabaikannya. Berkonsultasilah ke dokter untuk menentukan apakah itu berhubungan dengan ketidaksuburan atau kondisi yang lain.

4. Keguguran berturut-turut
Keguguran biasanya kehamilan yang gagal sebelum usia 20 minggu.Biasanya dokter mendiagnosa wanita tidak subur jika sudah dua atau tiga kali keguguran. Ini memang bukan petanda pasti, tapi jika Anda mengalaminya tiga kali berturut-turut ada indikasi.

Kabar baiknya, meski Anda sering keguguran, bukan berarti peluang Anda untuk hamil lagi menghilang.
(Mel/*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: