10 Tanda Karir Anda Mulai Terancam

SRIPOKU.COM, NEW YORK – Pernahkah Anda merasa tak dianggap di kantor? Atau apakah teman-teman di kantor terasa menjaga jarak dengan Anda? Hati-hati, menurut para ahli, kondisi tersbut merupakan tanda-tanda karir Anda mulai terancam.

“Para pegawai biasanya memiliki firasat saat pekerjaannya tengah terancam,” ujar Lynn Taylor, pakar tempat kerja nasional seperti dilansir dari Forbes, Jumat (20/9/2013).

Penulis buku `Tame Your Terrible Office Tyrant; How to Manage Childish Boss Behavior and Thrive in Your Job` ini mengatakan, seringkali muncul perubahan negatif dari bos dan lainnya. Masalahnya perubahan tesebut bisa tergantung pengaruh luar atau diri pribadi.

Pelatih karir sekaligus pendiri The Hired Group, Ryan Khan mengatakan, meski sebagian orang menangkap gejala yang jelas bahwa karirnya tengah dalan bahaya, belum tentu rekan lain di kantor mengerti.

“Yang paling penting adalah untuk tetap peka pada sejumlah situasi di sekitar kantor untuk memastikan keamanan posisi Anda di kantor,” jelas Khan.

Menurut Taylor, perusahaan tak akan dengan cepat menentukan kapan Anda dipecat. Prosesnya akan lambat dan akhirnya bisa sangat meyakinkan. Namun Anda sebaiknya tidak langsung mengambil tindakan sebelum memastikan situasi pekerjaan Anda. Untuk mengenalinnya, berikut 10 tanda yang menunjukkan karir Anda tengah terancam:

1. Tugas Anda lebih sedikit daripada yang lain
Setiap kantor memiliki cara kerjanya masing-masing. Namun saat pihak manajemen berencana memecat seseorang, biasanya dia diberikan tugas dan tanggung jawab yang lebih sedikit dibandingkan yang lainnya.

“Jadi saat Anda menerima kondisi seperti itu, segera cari alasannya,” ujar pakar komunikasi David Parnell.

2. Tak diundang ke sejumlah rapat penting
Bagi Taylor, seperti pohon yang akan tumbang, pihak manajemen hanya memperoleh sedikit manfaat dari Anda. Akibatnya, Anda akan jarang di undang ke sejumlah rapat penting di kantor.

“Semakin menjaga jarak dengan Anda, pihak manajemen merasa lebih baik,” jelasnya.

3. Hubungan dengan bos berubah
Saat berencana memecat karyawan, seorang atasan biasanya menjaga jarak dan menghindar untuk berkomunikasi dengannya. Bos Anda akan bersikap kurang ramah dan cenderung kritis. Jika si bos mulai menunjukkan tanda seperti ini, baiknya segera siapkan diri Anda untuk mencari pekerjaan lain.

4. Banyak menerima kritik
Bos biasanya menegur Anda secara rutin khususnya untuk kesalahan-kesalahan yang bisa merusak nama baik perusahaan. Ada kemungkinan Anda dikeluarkan saat atasan terus mengkritik Anda.

5. Perusahaan mengalami masalah keuangan
Jika Anda mendengar rumor perusahaan Anda tengah mengalami kesulitan keuangan, baiknya Anda mulai menyiapkan lamaran baru ke perusahaan lain.

Rendahnya laba perusahaan dapat mengancam pekerjaan Anda. Parnell menyarankan, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan pihak manajemen terkait masa depan karir Anda.

6. Dihindari teman sekantor
Teman tak jarang menjadi lawan di kantor. Banyak yang bertingkah seperti anak kecil dan menghindari temannya sendiri. Jika Anda merasa manajemen dan teman sekantor semakin jarang berkomunikasi dengan Anda, maka itu merupakan salah satu ancaman bagi karir pribadi.

7. Jarang ditegur meski membuat kesalahan
Melakukan kesalahan di kantor seharusnya mengundang berbagai teguran. Sayangnya, atasan Anda tak akan melakukan hal tersebut karena sudah berencana untuk menghentikan karir Anda.

8. Tugas Anda diselesaikan pegawai lain
Atasan biasanya meminta Anda menyerahkan tugas yang sedang dikerjakan pada orang lain di kantor karena merasa khawatir dengan kinerja Anda. Kalau Anda mengalaminya, hati-hati, karir Anda sedang terancam.

9. Merasa tak dianggap
Anda harus mulai merasa cemas saat laporan kerja Anda diabaikan atau saat atasan tidak mau memeriksa pekerjaan Anda. Menurut Taylor, atasan tak akan perduli seberapa hebat gagasan Anda bagi perusahaan. Tak akan ada lagi yang bersedia mendengarkan Anda di kantor.

10. Perusahaan merekrut karyawan baru dengan keahilan yang sama
Perusahaan tempat Anda bekerja tentu tak mau membuang-buang uang begitu saja. Tim manajemen akan mempekerjakan orang-orang terpilih dan berketerampilan guna menghasilkan keuntungan yang diharapkan. Sayangnya, jika perusahaan menerima orang baru dengan keahlian yang sama, bersiaplah, posisi Anda terancam digeser. (Sis/Ndw)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: